Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un -Telah Wafat KH Sahal Mahfuzh Kajen Pati Jawa Tengah (Rois 'Aam PBNU dan Ketua Umum MUI- lahul fatihah

Jumat, 17 Oktober 2008

AL-GHAZALI ; Cahaya Kemilau Para Mursyid


Satu masa pada perjalanan kaum muslimin pernah terjadi perselisihan antara kubu fiqh (syari’ah zohir) dankubu tasowwuf (syari’ah batin). Pandangan Imam Malik r.h. bahwa orang berfiqih tanpa bertasowwuf cenderung menjadi fasiq dan bertasowwuf tanpa berfiqih cenderung menjadi zindiq, belum dapat menyatukan dan mendamaikan kedua kubu ini. Perseteruan terus berlanjut sampai tampillah Imam Al-Gozali q.s. dengan Ihya Ulumiddinnya.

Walaupun tidak semua sepakat, namun beliau secara umum berhasil mendamaikan kedua kubu tersebut. Masing-masing ditempatkan secara proporsional. Hubungan keduanya dapat dibangun dengan harmonis jalin menjalin sebagai kesatuan keIslaman.

Nama lengkap Imam Al-Gozali q.s. adalah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Gozali At-Tusi An Naisaburi. Beliau dilahirkan di Tus Khurosan Iran pada tahun 450 Hijriyyah bertepatan dengan 1058 Masehi.

Ayah beliau adalah seorang pemintal wol yang fakir harta tapi kaya spiritual. Ayah beliau wafat pada saat beliau masih dalam kandungan. Bersama saudara kandungnya Ahmad, Al-Gozali diasuh oleh seorang sufi teman ayahnya.

Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan di madrasah daerah Tus. Beliau belajar fiqih kepada Ahmad bin Muhammad At-Tusi r.h.. Dari sana beliau melanjutkan ke Jurjan untuk belajar kepada Imam Abu Nasr Al-Isma’ili r.h..

Pulang dari Jurjan beliau kembali ke Tus. Di desanya ini beliau habiskan waktu tiga tahun untuk menghapal semua ilmu yang telah dicatatnya.

Semangat ilmiyyah mengantarkan beliau ke Naisabur – salah satu daerah ilmiyyah di zaman itu. Di sini beliau belajar kepada seorang ulama besar – Imam Al-Haromain Abul Ma’ali al-Juwaini r.h.

Dari Naisabur ini karir ilmiyyah Al-Gozali mulai melesat. Wawasannya berkembang luas. Penguasan terhadap berbagai ilmu berikut aliran serta sektenya semakin mendalam. Di kalangan ilmiyyah beliau dikenal sangat ahli dan piawai dalam berbagai bidang.

Di Naisabur ini beliau bertahan sampai Imam Haromain r.h. wafat. Setelah kewafatan guru tercinta tersebut, beliau melangkah menuju Bagdad.

Di Bagdad beliau mencapai kemashuran dan puncak karir. Keahlian dan kecerdasan mengantarkan beliau menjadi guru besar di An-Nizomiyyah – perguruan tinggi utama di zamannya.

Di puncak karir itu beliau mengalami keguncangan spiritual. Lingkungan ilmiyyah yang sarat dengan kemunafikan dan kekeringan spiritual membuat beliau terus mempertanyakan kebenaran. Puncak keguncangan ini membuat beliau sakit sehingga tidak mampu untuk berbicara dan mengajar. Para dokter yang berusaha mengobati beliau menyerah dan menyatakan bahwa hanya beliau sendiri yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri.

Dalam keguncangan itu beliau menemukan dirinya berada dalam bahaya. Beliau menemukan dirinya terjerat pada berbagai ketergantungan. Amalnya terjerat dalam tujuan duniawiah, jauh dari keikhlasan. Kegoncangan puncak ini berlangsung selama enam bulan. Beliau terombang-ambing oleh tarikan akhirat dan syahwat dunia.

Akhirnya panggilan akhirat menang, beliau meninggalkan segala kedudukan dan pangkat. Beliau pergi berkholwat ke Palestina. Beliau mengganti membaca dan berdebat menjadi tafakkur, mujahadah dan riyadoh.

Di Qubbatus Sakhro Palestina beliau berkholwat 40 hari. Beliau temukan ilmu yang belum beliau ketahui. Ilmu ini membebaskan dan membersihkan ilmu yang telah dimilikinya. Pada 40 hari berikutnya beliau temukan ilmu yang membersihkan ilmu yang sebelumnya. Pada 40 hari ketiga beliau temukan ilmu yang membersihkan ilmu yang sebelumnya.

Setelah kholwat ini beliau tampil sebagai ulama sufi yang paripurna. Muncullah satu karya besar yang menjadi rujukan setelah Al-Quran dan As-Sunnah. Ihya Ulumiddin karya monumental luar biasa yang isinya dipandang para ulama seakan wahyu atau ilham. Kitab yang memenuhi kebutuhan para pencari ke-benaran - penjelasan paripurna tentang Al-Quran dan As-Sunnah.

Selesai wudu dan shalat subuh Senin 14 Jumadil Akhir 505 H / 18 De-sember 1111 M Al-Gozali minta diam-bilkan kain kafan. Kain itu beliau cium dan letakkan pada kedua matanya sera-ya berkata, "Dengan segala ketaatan aku siap untuk menjemput Malaikat Maut". Beliau menjulurkan kakinya menghadap kiblat kemudian wafat.

1 komentar:

Haha mengatakan...

Subhanallah, jika mengerti hakikat ilmu sufi, insyaAllah, Allah akan menunjukkan kebenaran yang hakiki